Menu Makanan Buka Puasa Untuk Orang Diet

Menu Makanan Buka Puasa Untuk Orang Diet

Menu makanan buka puasa untuk orang diet. Bulan yang penuh rahmat berkat, yang sangat dinantikan setiap muslim, yaitu Bulan Ramadan telah datang. Bulan Ramadan adalah bulan dimana seharusnya pemeluk agama Islam menjalankan ibadah puasa. Ibadah setiap waktu dan setiap bulan, namun di bulan Ramadan adalah saatnya yang lebih istimewa untuk beramal dan beribadah. Sebulan lamanya, umat Islam menahan makan minum, dari terbit fajar hingga terbenam matahari waktu berbuka. Menahan nafsu syahwat di siang hari dan menambah amalan di malam harinya.

Di saat berpuasa menahan makan minum itulah, tubuh kekurangan tenaga (energi) dan cairan elektrolit tubuh (dehidrasi). Untuk mengatasi hal tersebut dan kabanyakan orang “balas dendam” atas pantangan makan dan minum saat pagi sampai sore hari, Sehingga banyak yang berlebihan sewaktu makan ketika berbuka puasa. Mereka tidak peduli lagi baik atau buruk akibat makan minuman berlebihan, , sehat atau tidaknya makanan minuman tersebut. Yang penting perut yang lapar dan haus segera kembali hilang dan kenyang. Nafsu makan tidak dipikirkan lagi, yg penting hanyalah menghilangkan dahaga dan rasa lapar.

Kondisi seperti itu tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh anda, terutamanya bagi yang mengalami obesitas (kegemukan) atau diabet, karena hal itu justru akan meningkatkan bahaya dan berat badan. Tak heran bila, banyak orang yang kambuh penyakit dan naik BB setelah selesai melaksanakan puasa di Bulan Ramadan.

Lantas, apakah puasa menjadi penghambat program diet ?? Tentu tidak. Justru momen puasa adalah momen paling pas untuk melakukan diet. Justru program diet akan menjadi lebih mantap dengan sambil melakukan puasa. Asal betul caranya. Buasa dan diet akan dapat berjalan lancar. Dan puasa bukanlah gangguan.

Untuk mengatasi Obesitas (kegemukan), kita memang harus mengatur menu makanan berbuka agar tidak emrusak diet yang kita lakukan. Tidak timbul lah masalah kegemukan (Overweight saat selepas berpuasa). Inilah di antara menu berbuka yang bisa membantu melancarkan program diet:

Menu Makanan Buka Puasa Untuk Orang yang Diet
Ada banyak sekali pilihan makanan yang dapat anda santap ketika berbuka, namun anda harus jeli memilihnya. Pilihlah makanan sehat yang dapat me-recovery stamina anda tanpa takut akan perut buncit. Berikut adalah menu buka puasa untuk diet.

  1. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Air Kelapa Muda & Buah Kurma. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Air Kelapa Muda & Buah-buahan terutamanya Buah Kurma. Dan tidak langsung makan sesaat setelah berbuka, melainkan di waktu sebelah malamnya (selepas isa) jam 9-10 pm adalah waktu yang tepat untuk makan berat. Lagi pula jika terlewat sahur tenaga masih ada, sisa malamnya. Justru itu melewatkan makan berat malam itu akan sangat baik untuk kondisi kesehatan tubuh yang seharian berpuasa. Selain itu:
  2. Kacang Hijau, Kacang Merah, Kacang Kedelai, Kacang Hitam, dlsb
  3. Buah Pepaya, Jeruk, Pir, Anggur, dll
  4. Sayuran ( Seperti Kangkung, Brokoli, kol, terong, lobak hijau, ubi, kentang, kentang, bawang, wortel, selada, mentimun, kubis) dll
  5. Biji Gandum, Sereal, dan Beras Merah
  6. Hindari Minum Syrup dan Teh Manis berlebihan manisnya dan kuantitasnya.
  7. Rumput laut sangat kaya serat, sangat baik untuk pencernaan dan mengurangi tumpukan racun dalam tubuh.

Leave a comment

One thought on “Menu Makanan Buka Puasa Untuk Orang Diet”