Inilah 6 Bahaya Kapur Barus

Inilah 6 Bahaya Kapur Barus

Kapur barus biasanya digunakan untuk menjauhkan pakaian yang menumpuk di lemari dari bau apek dan serangga pengganggu. Namun karena dibuat dari bahan kimia yang mengandung senyawa bernama Naftalena, maka sebaiknya Anda jauhkan anak-anak dari menghirup atau bermain-main dengan benda ini. Bukan rahasia lagi bahwa kapur barus memang beraroma wangi dan berwarna warni, serta bentuknya kecil menarik anak-anak untuk menyentuh dan menghirupnya.
1. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang kerap menghirup naftalena akan mudah mengalami chromosomal aberrations (CA) yang menjadi sebab dari munculnya risiko kanker. Sebenarnya bukan hanya kapur barus yang mengandung naftalena, namun polutan dari knalpot, asap rokok, juga pengharum lemari pun mengandung senyawa tersebut.
Dilansir oleh Times of India, lembaga penelitian kanker bernama International Agency for Cancer Research pun telah menetapkan naftalena sebagai salah satu karsinogen atau bahan yang bisa memicu kanker. Ia masuk dalam klasifikasi polutan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH). 
2. Penyakit yang bisa dialami jika seorang anak sering terhirup naftalena adalah obesitas, 
3. IQ yang rendah, serta 
4. CA atau memicu kanker.
5. Kerusakan pada Otak
6. Menyebabkan Kemandulan. Sejauh ini tidak ada penelitian tentang kapur barus menyebabkan kemandulan. Namun alangkah lebih baik mencegah daripada mengalami kan?
Walau tidak semua CA akan menimbulkan kanker di usia anak-anak, namun CA dapat menimbulkan translokasi kromosom dengan kromosom lain, dan ini memicu perubahan genetik. Bertahun-tahun terjadi translokasi, akan membuat kerusakan yang berbahaya. Studi menunjukkan bahwa jika kromosom telah rusak maka risiko seseorang mengalami kanker di usia dewasa akan lebih besar. 
Jadi untuk menghindari Bahaya kapur Barus sebaiknya hindarkan kapur barus dari anak-anak Anda.
7 Manfaat Kapur Barus yang perlu Anda ketahui

7 Manfaat Kapur Barus yang perlu Anda ketahui

7 Manfaat Kapur Barus yang perlu Anda Ketahui Anda mungkin sering melihat kapur barus terselip dikamar, lemari atau dapur. Banyak diletakkan juga […]

Leave a comment