Cara Membuat Blog dalam Bahasa Inggris

Cara Membuat Blog dalam Bahasa Inggris

“Mau jadi Blogger Sukses? buat blog ya berbahasa Inggris mba” begitu petuah seorang suhu adsense blogger. Beliau sukses dengan metode bloging yang ia lakukan.

Sukses atau tidaknya seorang blogger itu apa sih? Patokan seorang  itu sukses ngeblog apa aja sih? Income ribuan dollar atau hanya sekedar kepuasan karena berbagi ilmu?

Pastinya setiap orang berbeda-beda motif atau tujuan ngeblog. Tapi kebanyakannya tentu blogging sekaligus menghasilkan apapun itu baik visitor yang banyak dan loyal, atau juga sukses bagi seorang blogger itu jika sudah bisa gajian atau PO (payout out) rutin setiap bulan dari blognya.

Apa sih Motivasi Blogging kebanyakan blogger?

  1. Personal Branding
  2. Company Branding
  3. Financial Freedom
  4. Skill Writing

Peluang Besar buat Blog atau Website Berbahasa Inggris. Kendala: Kemampuan bahasa Inggris yang tidak memadai.

Bisakah? Bisa. Caranya:

Membuat Blog dalam bahasa Inggris, tidak semudah menggunakan translator. Cara Mudah membuat artikel, blog atau Website berbahasa Inggris.

Jangan Malas untuk belajar! Berlatih, berlatih dan terus berlatih! Coba perhatikan hampir semua barang yang dijual di pasar sekarang dalam kemasan bungkusnya semuanya berbahasa inggris. Penting punya skill kemampuan berbaa inggris yang baik dan benar. Mulailah dengan Percakapan-percakapan ringan. Untuk semakin mahir bahasa Inggris, coba juga dengan menulis, buku, cerita, juga blog/website yang langsung bisa dibaca pembacar dari luar negeri secara online.

Membuat blog berbahasa inggris tidak harus nunggu pinter berbahasa inggris dulu! Kadang yang pinter bahasa inggris nggak suka ngeblog? Tapi pemahaman sedikit grammer akan sangat membantu.

Salah satu cara yang digunakan untuk menaikan pendapatan dalam bisnis blogging adalah dengan membuat blog berbahasa inggris. Sebenarnya tidak hanya bahasa inggris, lebih tepatnya bahasa asing, bisa jerman, italia, spanyol atau jepang. Hanya saja jika menggunakan bahasa inggris, sobat bisa menjangkau banyak visitor diseluruh dunia.

Cara Membuat Blog Berbahasa Inggris

1. Buat Artikel dalam Bahasa Indonesia yang teman mengerti

2. Kemudian Translate di google translate atau bing translator

3. Cek Grammar. Betulkan satu persatu sekira-kiranya sesuai dan tepat dengan maksud

4. Berteman dengan orang Bule dan Konsultasikan artikel kita itu apakah ada kesalahan, atau tidak dimengerti. Kadang kalau konsultan Indonesia suka jual mahal.

5. Buat ralat / revisi /update sekiranya ada ide atau perbaikan

6 . Cara lain ada juga yang menggunakan spin artikel. (Not Recomended)

7. Sekian Selamat Mencoba. Cara Membuat Blog dalam Bahasa Inggris.

Modal utama untuk membuat blog berbahasa inggris adalah tools translate, cek gramer dan cek plagiarism. Ada banyak pilihan di internet untuk ketiga jenis tools ini. Manakah yang paling banyak direkomendasikan ?

Kalau bahas tools emang panjang urusannya, soalnya menyangkut masalah lisensi. Ada yang gratis ada juga yang berbayar. Nah.. milih mana kira-kira ?

Untuk blogger senior sudah paham lah masalah kayak gini. untuk pemula pilihlah yang gratisan dulu. Gratis bukan berarti mental gratisan yo sob… Menurut saya proses itu lebih penting dari pada hasil akhir. Jadi pelajari dulu prosesnya. Kalau sudah mahir, barulah gunakan tools premium untuk memaksimalkan optimasinya.

Baca juga : Rahasia Sukses Ngeblog Dani Alfin Pratama
Tools untuk membuat artikel blog berbahasa asing (gratis)
Berikut ini ada tools yang bisa sobat gunakan untuk membuat blog berbahasa inggris. Semua tools dapat digunakan secara gratis tanpa mendaftar terlebih dahulu.
bing.com/Translator : Digunakan untuk mentranslate bahasa, dari Indonesia ke Inggris. Ada lebih dari 60 bahasa asing yang bisa sobat gunakan.
smallseotools.com/grammar-checker : digunakan untuk menganalisa (cek) susuan kosa kata atau kalimat dalam bahasa inggris.
smallseotools.com/plagiarism-checker : Digunakan untuk menganalisa (cek) apakah artikel yang sobat tulis ada duplikatnya (kesamaan) dengan blog lain atau tidak.
Tools translator premium (berbayar)

Untuk tools yang berbayar (premium) harganya memang lumayan mahal sob. Rata-rata harus berlangganan baru bisa digunakan. Perlu sobat ketahui, bahwa kualitas artikel yang dihasilkan dari tools gratisan dan berbayar sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja tools premium memiliki beberapa kelebihan layanan (support) dibandingkan dengan tools gratisan.
Jika sobat memiliki dana dan ingin mencoba tools premium, sobat bisa menggunakan beberapa tools di bawah ini. tools ini juga banyak direkomendasikan oleh blogger senior karena sudah terbukti mampu membantu membuat banyak blog bule.
Translate dan cek grammar : gingersoftware.com
Cek grammar : grammarly.com
Cek plagiarism : copyscape.com
Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dari Blog untuk Pemula sampai Master
Tahapan membuat artikel bahasa inggris untuk blog bule
Kali ini saya akan mencontohkan cara membuat artikel bahasa inggris dengan menggunakan tools yang gratisan. Meski gratis bukan berarti otomatis artikel langsung jadi ya sob… dasarnya tetap sama. Harus ada artikel utama berbahasa Indonesia dulu.
Translate artikel
Pastikan sobat sudah memiliki artikel berbahasa Indonesia 500-1000 kata
Buka halaman : www.bing.com/Translator dan pilih translate ke English
Copy seluruh artikel bahasa indonesia sobat ke kolom yang telah disedikan bing translator
Tunggu artikel hingga tertranslate semuanya. Setelah selesai Copy semua artikel dari bing

Cek Grammar
Buka halaman : smallseotools.com/grammar-checker
Paste kan artikel yang sudah tertranslate ke kolom grammar-checker
Dibagian bawah “CEKLIS” I’m not a robot (selesaikan captcha)
Setelah captcha terselesaikan klik Check Grammar. Tunggu hingga proses selesai.
Jika sudah selesai lihat bagian Grammar Result:
Klik pada kata atau kalimat yang ditandai untuk mengoreksi kesalahan pada ejaan atau kosa kata bahasa inggris. Koreksi semuanya hingga tidak ada lagi yang ditandai salah oleh grammar-checker. Setelah selesai dikoreksi, Copy semua artikelnya.

Cek Plagiarism
Buka halaman : smallseotools.com/plagiarism-checker
Paste kan artikel yang telah dikoreksi grammar nya di kolom yang telah disediakan.
Dibagian bawah “CEKLIS” I’m not a robot (selesaikan captcha)
Setelah captcha terselesaikan klik Check plagiarism. Tunggu hingga proses selesai.
Jika sudah selesai lihat bagian Completed: 100% Checked
Pastikan artikel sobat mendapatkan 70-100 % unique
Artikel yang 100% unique adalah artikel terbaik (tidak ada yang menyamai)
Jika keunikan artikel di bawah 70%, sobat harus membetulkan terlebih dahulu. Caranya, ganti kata atau kalimat yang tertandai Plagiarized, atau hapus saja kalimat yang tertandai tersebut.
Catatan :

Cek Plagiarism di smallseotools maksimal 1.000 kata. Jika artikel sobat 1.600 kata, lakukan pengecekan dua kali. Pertama 1.000 kata baru sisanya 600 kata dicek.

Sebelum diposting biasakan artikel yang berasal dari web atau dokumen microsoft word, dicopy dan dipastekan di notepad terlebih dahulu. Fungsinya untuk menghilangkan kode-kode yang mungkin menempel pada artikel hasil copy an.

Kesimpulan :

Kalau sobat mahir dalam bahasa inggris, lewati saja langkah pertama. Tapi tetap harus dicek grammar dan keunikan artikelnya ya sob.

 

5 Tips Menulis Blog Berbahasa Inggris
Setelah saya membahas tentang Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris (Writing Skill) Melalui Blog, sekarang saatnya saya memberi tips bagaimana Anda bisa memulai membuat blog berbahasa Inggris agar bisa dijangkau oleh pembaca di seluruh dunia.
Hal ini tentu menuntut Anda untuk memiliki skill dasar, yaitu Bahasa Inggris, titik. Eh, satu lagi; dan bisa mengoperasikan bahan dasar untuk membuat blog, yang namanya Blog platform. Siapa tahu, dengan blog yang Anda buat lengkap dengan tujuan Anda membuat blog tersebut, nantinya akan mendatangkan pundi-pundi rupiah untuk Anda. Caranya gimana? Let’s check it out!

Tips #1
Tentukan tema, set target.

Tema sangat penting dalam membuat blog. Seperti halnya menyusun sebuah event, hal pertama yang kita pikirkan adalah tema. Menentukan tema nantinya akan membuat Anda konsisten untuk menulis artikel yang relevan dan itu akan membuat pembaca nyaman untuk mencari topik yang berkaitan. Pikirkan juga untuk tujuan apa Anda menulis di blog; apakah hanya ingin menulis kehidupan sehari-hari seperti diary online, bisnis, curhat, hanya untuk belajar bahasa Inggris, membagi ilmu, kepentingan komunitas, charity, dan lain-lain. Jika Anda ingin menulis tentang traveling, maka tambahkanlah setiap detail kegiatan Anda ketika bepergian ke suatu tempat dan hal-hal unik di lokasi tersebut. Hal ini juga akan dapat menaikkan blog rank Anda sehingga semakin banyak dibaca orang. Tema juga bisa muncul tergantung dari pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari.

Meskipun Anda menganggap menulis blog adalah sebuah hobi semata, tapi tetap saja memerlukan ketekunan dan rencana yang matang untuk mencapai hasil yang maksimal. Tanpa hal tersebut, Anda pada akhirnya akan bosan dan malah beralih ke topik lainnya. Melalui target yang Anda tentukan, Anda dapat menjadikannya bahan evaluasi untuk mengembangkan blog berbahasa Inggris Anda.

Tips #2
Memilih platform blog

Penentuan blog platform dilakukan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam menulis. Kalau Anda pemula dan hanya ingin curhat dan belajar membuat tulisan bahasa Inggris, Anda bisa menggunakan blog gratis seperti blogspot dan wordpress. Namun jika untuk bisnis dan menyasar komunitas pembaca tertentu, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan blog berbayar atau menambahkan domain pada blog Anda.

Tips #3
Buat outline a.k.a badan artikel

Well, setelah teknis pilih memilih selesai, maka dilanjutkan kepada tulis menulis. Pertama-tama, buatlah outline atau garis besar terlebih dulu. Saya kasih contoh nih, misalnya saya mau buat artikel “5 Awesome Tricks to Help You Learn English Better“, jadi outline yang harus dibuat setelah judul adalah:
* Paragraf pembuka; membahas tentang masalah terkait dengan judul dan manfaat yang diperoleh pembaca jika membaca artikel ini
* Isi; pembahasan yang ingin disampaikan
* Paragraf penutup; kesimpulan dari artikel tersebut
* Kalimat penutup; kalimat persuasif/ajakan kepada pembaca (call to action)

Tips #4
Perlu copy paste dari Google Translator?

Jika Anda menemukan sebuah blog yang bahasa Inggrisnya ‘kaku’ banget, bisa jadi itu peran serta Google Translator. Usahakan jangan ya! Itu bisa membuat kredibilitas Anda sebagai seorang blogger turun, lho! Bukannya dimengerti oleh pembaca asing, tapi nanti malah dikritik.

Saran saya jika Anda sudah ‘terbiasa’ menggunakan mesin penterjemah, selesaikan dulu ide Anda ke dalam bahasa Indonesia yang baku. Lakukan pengecekan berulang-ulang dan cari kata-kata baru dengan arti yang sama agar tidak monoton. Cara termudah untuk menambah vocabulary adalah dengan banyak membaca, yaitu membaca website-website yang sudah terkenal sesuai dengan topik menjadi minat Anda. Buatlah catatan pribadi atas vocabulary itu. Tambahkan beberapa idiom, atau phrase yang berbeda dari mesin translator. Anda harus membiasakan ini sehingga kemampuan menulis blog berbahasa Inggris Anda pun semakin meningkat. Catat kata sulit dalam terjemahan tersebut. Evaluasi perkembangannya berdasarkan jumlah social media share, komentar, dan jumlah pengunjung setiap harinya. Dengan demikian Anda akan memahami perbaikan yang perlu dilakukan.

Tips #5
Check, Check, Check!

Membuat tulisan di blog, apalagi menggunakan bahasa Inggris, perlu dilatih setiap hari. Sebelum Anda mem-posting tulisan Anda, sudah seharusnya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu, khususnya untuk kesalahan pengetikan. Anda bisa menggunakan aplikasi checker online untuk mengetahui seberapa banyak kesalahan yang Anda buat. Dengan begitu, Anda bisa tahu seberapa jauh kemampuan Anda dalam menulis blog dan kemampuan berbahasa Inggris Anda.

Sudah? Anda siap?
Yak, mulailah step #1. Selamat latihan ya!

Leave a comment